Digitasi Titik, Garis, dan Polygon di QGIS

Dipublikasikan oleh admin pada

Membuat data shapefile (shp) baru dengan cara digitasi untuk merubah data raster menjadi data vektor. Misalnya kita membuat data spasial yang bersumber dari citra satelit, foto udara atau scan peta, kita dapat membuat data vektor dengan cara digitasi pada layar monitor. Data vektor ada tiga macam, yaitu Titik (point), Garis (Line) dan Luasan (Polygon). Titik digunakan untuk lokasi tempat-tempat penting atau menarik. Garis digunakan untuk fitur memanjang misalnya jalan, sungai dll. Polygon digunakan untuk area misalnya penggunaan lahan, batas administrasi.

Ada beberapa pengaturan yang perlu dilakukan sebelum memulai digitasi

  • Pengaturan sistem koordinat, untuk dapat menghitung luas area dan Panjang dalam meter gunakan sistem koordinat UTM. Klik menu Project > Properties > klik tab CRS pilih WGS 84/UTM zone, untuk zona sesuaikan dengan wilayah masing-masing. Contoh disini zona 49S. Klik OK.
CRS
CRS
  • Pengaturan snapping, fungsinya untuk melekatkan objek sehingga mempermudah proses digitasi. Klik menu Project > Properties > Snapping Options, klik tombol bergambar magnet untuk mengaktifkan fungsi snap.
Snapping
Snapping

Digitasi Titik-titik Penting (POI)

Layer titik dapat digunakan untuk membuat lokasi – lokasi penting atau menarik (Point of Interest  – POI)  misalnya lokasi sekolah, kantor pemerintah, tempat ibadah dll. Untuk membuat shapefile titik baru dengan cara klik menu Layer > Create Layer > New Shapefile Layer.

File name: tempat menaruh shp baru ke dalam komputer, klik browse untuk memberi nama file dan menyimpannya.
Geometry type: tipe data vektor, pilih Point untuk membuat titik.
Sistem koordinat samakan dengan yang diatas yaitu UTM Zone 49S.

New shapefile layer
New shapefile layer

Kolom New Field adalah untuk membuat atribut data. Misalkan kita ingin membuat titik – titik penting dengan beberapa kategori, sekolah, kantor desa, kantor camat, masjid, pasar dan lain – lain.

Maka yang harus dilakukan adalah dengan mengisi New Field yang terdiri dari:

  1. Name : judul kolom, maksimal 10 karakter, jadi isi yang singkat saja.
  2. Type: tipe data atribut,
    Text data, untuk isian teks,
    Whole number, untuk isian bilangan bulat
    Decimal number, untuk bilangan decimal
  3. Length, jumlah maksimal karakter yang dapat diisi.
    Width adalah jumlah keseluruhan karakter ,
    precision adalah angka di belakang koma untuk tipe data desimal.
Precision
Precision

Untuk membuat kolom ‘Nama Tempat’, singkat saja misalnya menjadi ‘NAMA’. Type data pilih Text data. Length biarkan default 80, kemudian klik Add to Fields List. Langkah yang sama untuk membuat kategori. Setelah lengkap baru klik OK. Layer titik POI akan muncul dalam daftar layer.

Add to Fields List
Add to Fields List

Proses Digitasi

Untuk memulai digitasi, aktifkan Toolbar digitizing dengan cara klik Menu Views >  toolbar > digitizing toolbar dan advanced digitizing toolbar.

Tambahkan layer citra satelit, posisi layer citra satelit harus dibawah layer titik POI. Untuk memindahkan klik layer citra tahan lalu tarik ke tempat yang sesuai.

Klik layer titik POI dalam daftar layer lalu klik tool Toggle Editing.

Klik tool Add Point Feature  Untuk mendigit titik kita langsung arahkan kursor ke objek yang diinginkan kemudian klik tombol kiri mouse. Isi atributnya sesuai dengan nama dan kategori.

Toggle Editing
Toggle Editing

Untuk memindahkan posisi titik gunakan tool vertex dan arahkan ke titik tersebut. selanjutnya klik kiri (tahan) pada tombol mouse titik tersebut lalu geser ke posisi yang benar. Untuk menghapus titik, gunakan Select Features arahkan ke titik lalu tekan delete atau klik Delete selected. Setelah selesai klik tool Toggle Editing lagi dan simpan.

Vertex
Vertex

Digitasi Garis (Polyline)

Untuk membuat shapefile garis langkah awalnya sama dengan membuat titik yang berbeda adalah pilihan tipe Geometry pilih Line. Digitasi objek tipe garis seperti jaringan jalan, dengan atribut nama jalan, tipe jalan, Panjang dan kondisi. Contohnya sebagai berikut:

  • NAMAJLN (Text/String) : diisi dengan nama ruas jalan dengan tipe field Text/String
  • TIPE (Text/String): diisi dengan tipe jalan, misalnya jalan kolektor, lokal
  • PANJANG (Decimal number/real) : Panjang jalan, disini akan dihitung otomatis dengan tipe field Decimal number dua angka di belakang koma.
  • KONDISI (Text/String): kondisi jalan, misalnya baik, sedang, rusak dll

Klik Toggle Editing untuk memulai dan Klik Add Line Feature untuk mendigitasi jalan dengan cara membuat vertek – vertek (node) garis dengan klik kiri dan klik kanan untuk berhenti. Setiap ruas jalan harus melekat satu sama lain. Aktifkan fitur snap untuk melakukannya.

Editing Line
Digitasi Garis di QGIS

Digitasi Polygon

Untuk membuat shapefile garis langkah awalnya sama dengan membuat titik/garis yang berbeda adalah pilihan tipe Geometry pilih Polygon. Klik Toggle Editing untuk memulai dan Klik Add Polygon Feature untuk mendigitasi dengan cara membuat vertek – vertek (node) batas luar area dengan klik kiri dan klik kanan untuk berhenti .

Apabila ingin mengedit polygon/garis gunakan Vertex tool klik pada polygon/garis yang terpilih, akan tampak vertek – vertek selanjutnya pindahkan ke posisi yang benar dengan cara klik lalu geser. Untuk menambahkan vertek klik dua kali pada polygon/garis dan untuk menghapusnya klik pada vertek kemudian tekan delete pada keyboard. Untuk menghapus fitur garis/polygon gunakan tool Select Features kemudian tekan delete pada keyboard. Deselect features untuk mengembalikan fitur terpilih.

Editing Polygon
Digitasi Polygon di QGIS

Lihat video di youtube


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *