Lintasan Orienteering (Orienteering Course)

Dipublikasikan oleh admin pada

lintasan orienteering

Lintasan Orienteering (Orienteering Course) yang dimaksud dalam orienteering terdiri dari titik start, sejumlah kontrol, dan titik finish. Sebuah kontrol ditandai dengan sebuah bendera putih jingga di medan sebenarnya dan di peta digambarkan dengan simbol warna ungu (lihat gambar diatas). Lokasi start ditunjukkan dengan segitiga sama sisi, titik – titik kontrol digambarkan dengan lingkaran yang diberi nomor, nomor disini mempunyai arti harus berurutan sesuai dengan nomornya. Lokasi finish diberi simbol lingkaran ganda. Kedudukan pasti lokasi Start, Kontrol-Kontrol & Finish dijelaskan pada deskripsi kontrol (yang dicetak dilembaran peta).

Peta orienteering

Titik Start

Titik Start ditandai dengan simbol segitiga pada peta. Dimedan sebenarnya ditandai dengan bendera kontrol. Pada area START terdapat Pra-Start (Pre-start) dan Titik Start (Start Point). Jarak dari lokasi Pra-Start ke Titik Start disesuaikan dengan kondisi medan area START. Rute dari lokasi Pra-Start ke Titik Start ditandai dengan bentangan tali pita di kedua sisinya atau potongan- potongan tali pita.

Gambar: Julian Manoppo

Titik Kontrol

Setiap lokasi kontrol di tandai dengan sebuah bendera berbentuk kotak tiga sisi (bendera kontrol).Setiap benderanya berukuran 30 x 30 cm warna putih dan jingga secara diagonal. Masing-masing bendera terdapat stasiun kontrol atau alat penusuk untuk menandai kartu kontrol. Jika menggunakan model elektronik berarti tinggal memasukkan e-card ke dalam stasiun kontrol.

Bendera Kontrol

Peserta harus menandai kartu kontrolnya dengan alat yang tersedia di bendera kontrol. Apabila menggunakan elektronik peserta harus memasukkan e-card nya misal sportident e-card ke dalam stasiun kontrol yang tersedia hingga berbunyi beep atau menyala.

Peserta sampai di titik kontrol

Finish

Finish ditandai dengan sebuah bendera. Atau dapat diganti dengan sebuah spanduk bertuliskan FINISH. Lokasi garis Finish ditandai dengan sebuah bendera berbentuk kotak tiga sisi (Bendera Finish) yang digantungkan pada sebuah tiang atau suatu kontruksi kayu. Setiap sisi benderanya berukuran 30 X 30 cm serta dibagi secara diagonal dengan warna putih & jingga. Umumnya rute dari kontrol terakhir ke finish ditandai dengan bentangan tali pita dikedua sisinya. Di peta ditandai dengan garis putus – putus. Garis putus – putus berarti peserta harus mengikuti rute yang telah ditentukan sesuai dengan garis yang digambarkan pada peta.

Finish

Course Planning

Membuat sebuah lintasan orienteering harus dibuat sedemikian adil disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta. Untuk dapat membuat lintasan yang bagus petanya juga harus bagus, penempatan titik kontrolnya juga sesuai dengan peta.

Dalam tipe kompetisi Cross Country Orienteering untuk disiplin foot orienteering, kompetisinya dapat dibagi dalam beberapa kategori kelas berdasarkan tingkat kesulitan navigasi lintasannya. Mulai dari tingkatan Pemula hingga tingkatan Ahli.Ditingkat nasional dan internasional usia 21 tahun keatas masuk dalam kelas elit.

Sebagai contoh Orienteering USA (OUSA) membagi kategori kelas berdasarkan tingkat kesulitan navigasi sebagai berikut:

  1. Putih, panjang lintasan 2-3 kilometer, perkiraan waktu tempuh pemenang: 25-30 menit., usia hingga 12 tahun
  2. Kuning, panjang lintasan 3-5 kilometer, perkiraan waktu tempuh pemenang: 35–40 menit., usia 13-14 tahun dan untuk pemula
  3. Jingga, panjang lintasan 4.5-7 kilometer, perkiraan waktu tempuh pemenang: 50-55 menit

Deskripsi Kontrol (Control Descriptions)

Dalam kompetisi orienteering, lokasi titik kontrol dijelaskan pada lembar deskripsi kontrol (atau lembar petunjuk).Kontrol merupakan sejumlah lokasi di medan sebenarnya yang harus dikunjungi oleh orienteer. Lokasi kontrol pada peta berada di tengah-tengah atau pusat dari simbol lingkaran kontrol. Lokasi kontrol tersebut didefinisikan pada lembar deskripsi kontrol dengan salah satu sistem berikut: teks (sistem verbal), atau simbol (sistem pictorial). Sistem teks biasa digunakan untuk pemula, untuk tingkat lanjut menggunakan sistem pictorial

Dari informasi di peta dan deskripsi kontrol, orienteer harus mengunjungi kontrol-kontrol yang benar sesuai lintasan orienteeringnya.

Deskripsi Kontrol

Keterangan:

  1. Nama kejuaraan
  2. Mil-Pa; nomor perlombaan 9,0 km; panjang rute terpendek dari lintasan orienteering kelas perlombaan 435 m; informasi total kontur menanjak yang dilalui rute terpendek kelas perlombaan tersebut
  3. 110 m; jarak pra-start ke titik Start, garis putus-putus menunjukkan di medan sebenarnya ditandai dengan bentangan tali pita
  4. Informasi lokasi kontrol
  5. Informasi rute dari kontrol terakhir ke garis finish yang harus diikuti peserta dan jaraknya dalam stasiun meter.

Penjelasan deskripsi kontrol ada di website resmi IOF.

Sumber:

  • Mengenal Olahraga ORIENTEERING 2012 Oleh Julian Manoppo (Federasi Orienteering Sulawesi Utara)
  • Dokumentasi foto Pandawa KSG Orienteering

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *