Tutorial OpenOrienteering Mapper

Dipublikasikan oleh admin pada

OpenOrienteering Mapper adalah program gratis yang bersifat open source sebagai program alternatif pembuatan peta orienteering. Walaupun gratis program ini bisa diandalkan untuk membuat peta orienteering. Sudah tersedia simbol – simbol yang sesuai dengan ISOM/ISSOM, bahkan versi terbaru saat ini sudah ada simbol ISOM 2017. Bisa membaca format .OCD (OCAD File). Download OpenOrienteering Mapper .

Langkah-langkah untuk menggambar peta baru

Start program – membuat peta baru

membuat peta baru
Membuat peta baru

Pilih Simbol dan skala peta. Apabila menggunakan skala berbeda bisa diubah setelah membuat peta baru, jadi pilih dulu skala yang ada.

skala dan simbol
Skala dan simbol

Langkah selanjutnya adalah memasukkan template. Contoh template yaitu, citra satelit, foto udara, peta topografi atau peta scan. Sebaiknya data template sudah mempunyai koordinat (georeferenced). Baca cara memasukkan template cara manual dan cara download citra satelit yang georeferenced.

Simbol Peta

  • Simbol titik (Point symbols), adalah fitur dengan tingkat kecil, sehingga objek titik diwakili oleh koordinat tunggal. Contohnya adalah pohon tunggal atau bukit kecil.
  • Simbol garis (Line symbols), menggambarkan objek linier seperti jalur atau sungai. Simbol garis dapat berisi simbol titik: simbol pagar misalnya mewakili tanda hubungnya dengan simbol titik.
  • Simbol area (Area symbols), menggambarkan objek-objek dengan luas misalnya bangunan atau area vegetasi.
  • Simbol teks (Text symbols), simbol untuk menulis teks, pengaturan jenis font dan ukuran.
  • Simbol gabungan (Combined symbols) ,terdiri dari dua atau lebih simbol garis atau area lainnya.

Simbol yang tersedia sudah dibuat berdasarkan Spesifikasi Internasional untuk Peta – Peta Orienteering (ISOM) atau ISSOM untuk peta sprint. Jadi, tidak disarankan untuk mengubah simbol – simbol tersebut, kecuali simbol teks, logo dan simbol buatan sendiri yang tidak ada kaitannya dengan ISOM/ISSOM. Baca dan pahami dulu spesifikasi simbol di International Specificationsdisana juga sudah tersedia versi Bahasa Indonesia.

Toolbar

Drawing toolbar

Drawing tool

Penjelasan dari kiri ke kanan:

  • Edit objects, klik pada peta untuk memilih satu objek. Untuk memilih beberapa objek, tahan tombol Shift ketika Anda mengklik objek berikutnya.
  • Edit lines, Jika hanya beberapa objek yang dipilih, segmen garis dari objek-objek ini dapat diedit dengan mengkliknya dan menarik mouse. Untuk garis lurus, batasan sudut akan aktif secara otomatis. Ini memudahkan untuk mengedit mis. rumah persegi panjang sambil memastikan tetap persegi panjang. Untuk mengubah batasan sudut, tahan Ctrl.
  • Set point objects, untuk menambahkan simbol titik pada jendela simbol.
  • Draw paths, untuk menggambar objek garis seperti garis kontur, aliran air dan jalan. Tekan dan tahan Ctrl untuk membentuk sudut. Sudut yang tersedia akan dipilih sehingga Anda dapat melanjutkan jalur lurus ke depan, atau menyisipkan sudut 90 atau 45 derajat. Tekan dan tahan Shift untuk mengikuti bentuk objek yang ada saat menggambar.
  • Draw circles and ellipses, untuk menggambar garis dan area lingkaran atau elips. Untuk mulai menggambar, pertama-tama pilih simbol jenis garis atau area.
  • Draw rectangles, untuk menggambar bentuk dengan jumlah sudut 90 atau 45 derajat seperti bangunan. Untuk menggambar, pertama pilih simbol garis atau area yang ingin Anda gambar.
  • Draw free-handedly, untuk menggambar dengan bebas menggunakan mouse.
  • Fill bounded areas, untuk mengisi area ruang putih yang tidak terputus dengan simbol area.
  • Write text, untuk menulis teks pada peta.

Finishing

Sebelum mencetak peta perhatikan hal – hal berikut yang mungkin penting:
– Garis utara
– Skala peta
– Pembuat peta dan tahun pembuatan
– Logo
– Legenda

Lihat video

Referensi: https://www.openorienteering.org/mapper-manual/pages/toolbars.html#drawing-toolbar


2 Komentar

Ruslan Annuar · 26 Agustus 2019 pada 20:54

Assalamualaikum, boleh kah saya mempelajari secara mendalam penggunaan Open Orienteering Mapper dengan saudara

    admin · 26 Agustus 2019 pada 21:43

    Waalaikumsalam, boleh silahkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *